Senin, 28 Desember 2009

Subject : Apa itu Stem Cell?

Subject : Apa itu Stem Cell?
Kemajuan millenium ini diakui sebagai awal dari era kedokteran regeneratif, sebuah kemajuan baru dalam sejarah kedokteran.
Holy Grail dari para ahli biologi sel dan para peneliti medis menghasilkan penumbuhan seluruh organ untuk mengganti bagian-bagian tubuh yang terdampak penyakit, seperti penggunaan suku cadang untuk mereparasi sebuah mobil. Mungkin suatu saat hal tersebut bisa terwujud; tapi untungnya saat ini kita sudah punya cara untuk menumbuhkan blok bangunan dasar penting bagi seluruh organ; yaitu penumbuhan pembuluh-pembuluh darah yang membawa nutrisi dan oksigen yang tak terpisahkan ke jaringan-jaringan dan organ-organ di dalam tubuh.
Bekerjasama dengan sebuah perusahaan bioteknoplogi terkemuka, Theravitae Co Ltd (www.theravitae.com) Chaopya Hopital saat in menawarkan terapi sel canggih bagi para pasien penyakit jantung ischemic tahap akhir untuk pertama kalinya di Asia. Dengan menggunakan sel-sel batang dewasa yang bersirkulasi yang diabil dari darah anda sendiri, sel-sel ini dipsiahkan dari sel-sel darah lain dan jumlahnya diperbanyak dalam laboratorium dengan menggunakan standar manufaktur GMP. Seminggu kemudian, sel-sel tersebut, sel-sel progenitor angiogenik atau APC disuntikkan kembali ke pembuluh darah yang menyuplai aliran darah ke otot jantung. Sel-sel yang disuntikkan bermigrasi keluar lumen pembuluh darah dan masuk ke daerah otot ischemik di mana mereka menstimulasi pembentukan pembuluh-pembuluh darah baru untuk membawa lebih banyak aliran darah ke serat-serat otot jantung. Selain menjadi sel-sel precursor bagi pembuluh darah, beberapa APC juga dikenal masuk ke sel-sel otot kardiak, bergabung dengan serat-serat otot jantung dan mensekresi sitokin, molekul-molekul yang memberikan sinyal-sinyal homing untuk merekrut sel-sel dan molekul-molekul lain untuk memperbarui fungsi otot jantung. Efek yang menguntungkan bisa didapatkan secara klinik biasanya setelah satu bulan dan menjadi maksimal pada 3-6 bulan.

Treatment Sel-sel Batang untuk Penyakit Kardiovaskular

Mengumumkan ketersediaan terapi sel untuk penyakit jantung ischemic
Kemajuan milenium ini diakui sebagai awal dari era kedokteran regeneratif, sebuah kemajuan baru dalam sejarah kedokteran. Holy Grail dari para ahli biologi sel dan para peneliti medis menghasilkan penumbuhan seluruh organ untuk mengganti bagian-bagian tubuh yang terdampak penyakit, seperti penggunaan suku cadang untuk mereparasi sebuah mobil. Mungkin suatu saat hal tersebut bisa terwujud; tapi untungnya saat ini kita sudah punya cara untuk menumbuhkan blok bangunand asar penting bagi seluruh organ; yaitu penumbuhan pembuluh-pembuluh darah yang membawa nutrisi dan oksigen yang tak terpisahkan ke jaringan-jaringan dan organ-organ di dalam tubuh.
Bekerjasama dengan sebuah perusahaan bioteknoplogi terkemuka, Theravitae Co Ltd (www.theravitae.com) Chaopya Hopital saat in menawarkan terapi sel canggih bagi para pasien penyakit jantung ischemic tahap akhir untuk pertama kalinya di Asia. Dengan menggunakan sel-sel batang dewasa yang bersirkulasi yang diabil dari darah anda sendiri, sel-sel ini dpsiahkan dari sel-sel darah lain dan jumlahnya diperbanyak dalam laboratorium dengan menggunakan standar manufaktur GMP. Seminggu kemudian, sel-sel tersebut, sel-sel progenitor angiogenik atau APC disuntikkan kembali ke pembuluh darah yang menyuplai aliran darah ke otot jantung. Sel-sel yang disuntikkan bermigrasi keluar lumen pembuluh darah dan masuk ke daerah otot ischemik di mana mereka menstimulasi pembentukan pembuluh-pembuluh darah baru untuk membawa lebih banyak aliran darah ke serat-serat otot jantung. Selain menjadi sel-sel precursor bagi pembuluh darah, beberapa APC juga dikenal masuk ke sel-sel otot kardiak, bergabung dengan serat-serat otot jantung dan mensekrsi sitokin, molekul-molekul yang memberikan sinyal-sinyal homing untuk merekrut sel-sel dan molekul-molekul lain untuk memperbarui fungsi otot jantung. Efek yang menguntungkan bisa didapatkan secara klinik biasanya setelah satu bulan dan menjadi maksimal pada 3-6 bulan.
Di seluruh dunia, lebih dari 200 pasien penyakit jantung menerima terapi sel dalam suatu bentuk terutama di Eropa. Karena ketentuan-ketentuan regulasi, USA ketinggalan dalam bidang ini tapi tiga percobaan telah mendapatkan persetujuan FDA, dan saat ini sedang dilakukan di USA di University ofPittsburgh di Pittsburgh, St Elizabeth Medical Center di Boston dan Texas Heart Institute di Houston.
Sangatlah hebat untuk bisa menggunakan sel-sel anda sendiri; resiko-resiko yang berhubungan dengan transplantasei alogenik yang terlihat misalnya pada transplan sungsum tulang dari donor ke respipien seperti rejeksi jaringan, transmisi inadverten virus dan bakteri atau sel-sel kanker, cangkok versus reaksi inang yang meurpakan serangan dari sel-sel yang ditransplan terhadap jaringan respipien dan sel-sel, semuanya dihilangkan karena sel-sel secara genetik identik dan tidak ada agen penular lain di luar apa yang bisa diterima pasien. Dan tidak seperti transpalntasi sungsum tulang, tidak diperlukan adanya obat imunosupresif. Koleksi sel hampir tidak menyebabkan rasa sakit dan identik dengna donasi darah yang berbeda dengan sel-sel sungsum tulang yang berkumpul di mana prosedurnya menyakitkan dan volume spesimen yang diperoleh mungkin kruang dari cukup pada saat itu dan mungkin memerlukan penggunaan anestesi.
Dengan menggunakan sel-sel batang dewasa juga mengesampingkan isu-isu etis yang berhubungan dengan sel-sel batang embrionik di mana drivasi sel-sel batang embrionik secara genetik identik dengan resipien sel memerlukan teknologi kloning dan perusakan mbrio pada tahap blastokista yang bisa mempertimbangkan sebuah fledge penuh dari manusia hidup
Meski sel-sel batang embrionik cukup menjanjikan dan riset dalam bidang ini mendapatkan publikasi yang besar karena potensinay mengembalikan semua tipe sel dalam tubuh, ini juga merupakan kelemahannya karena seseorang harus mengetahui bagaimna mencampur sel dengan benar agar bisa berkembang menjadi tipe-tipe sel yang dewasa seperti sel saraf atau sel-sel islet pankreatik yang menghasilkan insulin sebelum mentransplantasinya ke pasien. Kelemahan lainnya adalah sel-sel batang embrionik memiliki kecenderungan untuk membentuk tumor ketika disuntikkan ke dalam tubuh. Sel-sel batang dewasa diprogram sebelumnya untuk berkembang di sepanjang garis diferensiasi sel, triknya adalah menemukan tipe sel precursor yang tepat. Untungnya dalam kasus ini kita memiliki sel-sel batang prevursor dari pembentukan pembuluh darah.
Dari sudut pandang medis, penggunaan APC sangat aman. Resiko-resiko yang berhubungan dengan prosedur ini berkaitan dengan resiko-resiko kateterisasi kardiak dan prosedur angioplasti balon yang dilakukan secara rutin setiap hari di seluruh dunia.
Pasien pertama yang dirawat di Chao Phya Hospital diterbitkan dalam majalah Times edisi 21 november 2005 dan saat ini lebih dari empat puluh pasien dari Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah dan Asia tenggara sudah berhasil diobati.

www.chaophya.com

Tidak ada komentar: