Rabu, 16 Desember 2009

SEHAT – 1 : MAKANAN YANG PANTAS

SEHAT – 1 : MAKANAN YANG PANTAS
Oleh : Prof Hung Zhao Guang (Guru Besar Universitas Beijing)

Bagi penyakit-penyakit yang telah kita bahas di atas pengaruh dari Penyebab Internal terhadap timbulnya penyakit-penyakit kronis tersebut di atas, bukanlah berslfat menentukan. la hanya mendukuki porsi 20%, sedang 80%, lainnya dipengaruhi atau ditimbulkan oleh Penyebab Eksternal. Maka dari Itu, penyakit-penyakit kronis tersebut dapat dikendalikan oleh Faktor Eksternal melalui Gaya Hidup ilmiah dan Sehat untuk mengurangi sakit. Kunci Hidup Sehat berada pada Tangan Kita Sendiri.
Faktor Eksternal dapat disimpulkan dalam 4 (empat) kalimat yakni : Pertama : Makan Yang Pantas, Kedua : Berolahraga dengan Takaran Pas Ketiga : Tidak Merokok dan Batasi Alkohol; Keempat : Mental Batin Tenang Seimbang.
Terlebih dahulu mari kita bahas Fondasi Pertama dari Kesehatan : Makan yang pantas. Cara Makan yang pantas adalah sangat penting, sebab Makan yang pantas dapat membuat : Anda tidak gemuk tapi Juga tidak kurus/ kolesterol tidak tinggi tapi Juga tidak rendah, kekentalan darah tidak kental tapi juga tidak encer.
Apa dan bagaimana menjalankan Makan yang pantas? Cukup dengan 2 (dua) kalimat : Kalimat Pertama : Satu, dua, tiga, empat, dan lima. Kalimat; Kedua adalah : Merah, kuning, hijau, putih, dan hitam. Ingatlah bahwa Dua Kallmat tersebut atas adalah Cara Makan yang Ilmlah dan pantasi.
Kita mulai dengan Kata Pertama dari Kalimat Pertama : SATU, apa yang dimaksud dengan "Satu"? Setiap hari minumlah satu kantung susu sapi! Menu/ makan orang-orang Tionghoa memang cukup bagus, tapi sering kekurangan Kalsium. Terdapat 99% orang Tionghoa yang kekurangan Kalsium. Apa akibat kekurangan Kalsium? Ada 3 akibat; Pertama : sakit pada Tulang (keropos). Orang yang kekurangan Kalsium akan menderita keropos Tulang. Pinggung Sakit, Pinggang Sakit, Lutut Sakit, Sakit pada sekujur badan. Kedua : Punggung kura-kura (bungkuk), makin tua makin bungkuk, makin tua badan makin ciut. Yang Ketiga : Patah Tulang. Sekali terjatuh, tulang-tulang langsung patah. Kasus seperti ini banyak kita temui. Jadi kekurangan Kalsium menimbulkan ketiga Jenis penyakit yang hubungan dengan tulang. Mengapa sampai terjadi kekurangan Kalsium? Sebab setiap manusia setiap hari normal membutuhkan 800 mg Kalsium, sedang pada makanan yang kita santap hanya terdapat 500 mg Kalsium, kekurangan 300 mg Kalsium, lantas apa yang kita lakukan? Persis 1 kantung susu sapi sebanyak 200 cc mengandung 300 mg Kalsium. Jadi dengan meminum 1 kantung susu kita dapat menombok kekurangan Kalsium pada tubuh kita setiap hari. Sejak kapan susu sapi harus mulai diminum? Mulai dari usia 1 tahun sampai sepanjang hayat. Kita banyak melihat orang-orang kulit putih fisiknya tinggi besar dan sehat antara lain karena mereka terbiasa minum susu setiap hari. Contoh paling klasik adalah orang Jepang, ketika mereka meletuskan Perang-Dunia 1, dengan menginvasi Tiongkok. Serdadu Jepang yang mengagresi Tiongkok berbadan pendek sehingga, disebut "SMALL Japanese". Tapi sekarang fisik orang Jepang sudah banyak berubah. Pada usia yang sama/ anak-anak Jepang lebih tinggi fisiknya ketimbang anak-anak di Beijing. Mengapa bisa demikian? Tiada lain, sangat sederhana saja. Setelah Perang Dunia II, Pemerintah Jepang setiap hari membeli cuma-cuma kepada setiap siswa SD dan SMP nya satu kantung susu sapi! Sangat simpel bukan? Hanya dengan satu kantung susu orang Jepang generasi demi generasi menjadi semakin tinggi, melampaui orang Tiongkok, sehingga di Jepang ada sebuah pameo yang mengatakan bahwa: "satu kantung susu membangkitkan sebuah bangsa".
Sebuah Panti Yatim Piatu di Inggris pernah melakukan research khusus terhadap anak-anak asuhannya. Dibentuklah 2 kelompok Anak : Kelompok A tiap hari menu makannya ditambah dengan 1 kantung susu sapi, sedang Kelompok B tidak diberi susu sapi. Hasilnya ketika usia anak-anak tersebut mencapai 15 tahun, saat-saat mereka menjalankan pelatihan-pelatihan terakhir untuk meninggalkan Panti Asuhan, ternyata bahwa anak-anak Kelompok A yang setiap hari minum susu, tinggi badannya rata-rata lebih tinggi 2,8 cm dibanding anak-anak Kelompok B. Yang lebih penting adalah bahwa anak-anak Kelompok A kulit mereka leblh halus mata dan rambut berkilau pertumbuhan otot-ototnya subur; dan juga lebih pintar. Nah, para orang tua angkat yang datang ke Panti untuk memilih, anak angkat dari antara anak-anak yatim yang terdapat di panti, ternyata hampir semua memilih anak-anak dari Kelompok A. Dapat kita simak di sini betapa perbedaan yang ditimbulkan oleh sekantung susu Tinggi, berat badan dan kecerdasan anak nyata berbeda akibat 1 kantung susu tiap hari.
Bila Anda minum 2 kantung susu tiap hari, maka perbedaan tinggi fislk bisa lebih kentara dan mencapai 4,8 cm. Kapan waktu yang tepat untuk minum susu? Sebelum tidur minum susu, karena fisik anak-anak biasanya tumbuh pada malam hari, dikala tidur hormon pertumbuhan biasa tersebar keluar. Jadi sebelum tidur meminum satu kantung susu ditambah 1 tablet Vitamin C (250 mg) dan 1 tablet Vitamin B Complex, maka anak ini bukan saja akan tumbuh tinggi, berat badan cukup, antibodi bagus, jauh dari penyakit flu, infeksi tenggorokan, Infeksi paru-paru, demam, dan lain sebagainya. Jadi 1 kantung susu sapi ditambah Vitamin C dan B Compleks cukup membuat si anak tumbuh sehat selalu.
Banyak orang-orang tua jaman sekarang di RRO yang sangat kaya dan hanya beranak tunggal. Mereka memanjakan anak tunggal mereka dengan makanan-makanan Iangka: yang diyakininya bergizi tinggi seperti Sarang Burung Walet, Kolesom, Ginseng, Royal Jelly dan lain-lain yang berharga luar biasa mahalnya. Padahal dengan 1 kantung susu sapi tambah Vitamin C dan B Compleks sudah cukup.
Juga banyak orang Tiongkok yang tidak bisa minum susu sapi setiap kali minum susu langsung mencret, OK, anda bisa menggantinya dengan YOGHURT. Lalu bagaimana kalau tidak suka minum Yoghurt? Ya, Anda boleh ganti minum susu kacang kedele, tapi harus Ingat kandungan Kalsium pada susu kacang hanya separuh, dari susu sapi, oleh karenanya Anda harus; minum 2 kantung susu kacang tiap hari. Kalau Anda tidak senang minum susu sapi, juga enggan minum Yoghurt dan susu kacang. Ini berati bahwa Anda sedang menyambut penyakit dan kematian! mengapa demikian?
"Hidup Sehat adalah masalah Anda sendiri. Di hadapan Hukum Kesehatan, setiap orang diperlakukan sama. Bila Anda mengikuti Hukum- Hukum tentang Gaya Hidup Sehat, maka Anda akan selamat sepanjang hayat bila Anda menentang/ melawan hukum-hukum tersebut, maka Anda pasti akan celaka". Walau Anda seorang Kaisar sekalipun, maka bila melawan Hukum Kesehatan. Kaisarpun bisa saja mati lebih cepat dari rakyat biasa! Di hadapan Hukum Kesehatan. setiap orang diperlakukan sama, sama sekali tidak dipengaruhl oleh harta kekayaan atau jabatan yang disandangnya.
Di Rumah Sakit tempat saya bertugas, pernah merawat seorang Billloner, presiden dari beberapa perusahaan yang pada usia 38 tahun sudah menderita 'Myocardial Necrosis gawat' juga dinding jantungnnya sangat tipis. Suatu hari ia mengeluh kepada saya "Prof. Hung, saya mohon tanya satu hal mengapa Tuhan memperlakukan aku demikian tidak adil. Mengapa orang lain tidak merderita sakit seperti saya ini? Kenapa saya pada usia 38 tahun sudah kena penyakit-penyakit terkutuk ini? Saya ini bernaslb begini sial?" Saya menjawabnya: "Menurut pendapat saya, Tuhan itu paling Adil, dalam kehldupan duniawi memang banyak ditemui hal-hal yang tidak adil, akan tetapl Tuhan adalah Maha Adil". Lantas mengapa engkau bisa menderita penyakit seperti ini? Jawabannya simpel saja, Anda telah melanggar Hukum Kesehatan Empat Fondasi Kesehatan: Makan yang pantas, Olahraga dengan takaran pas, tidak merokok dan batasi alcohol, Mental Batin Tenang Seimbang. Anda telah melanggar kesemuanya ini! Darah yang baru disedot keluar dan tubuhnya segera membeku, darahnya terlampau kental. Kedua jika diletakkan lebih dan 8 jam, pada permukaan cairan darahnya itu muncul 1 lapisan minyak yang tebal, kesimpulannya. Triglycerid pada darahnya sangat tinggi: badannya 94 Kg. lingkar pinggangnya 3 feet 3 inci. Fondasi pertama - Makan secara pantas: Aturan Ini telah Anda langgar, tiap-tiap hari Anda berfoya-foya dengan makanan mewah berlemak tinggi sambil minum-minum. Anda makan secara tidak pantas, tidak rasional, tidak heran apabila berat, badan Anda mencapal 94 Kg. Fondasi kedua -Olahraga dengan takaran yang pas: Anda keluar rumah, naik sedan, tiba di kantor lantai 2 saja. Anda naik lift. Anda sama sekali tidak berolahraga. Fondasi ketlga - Tidak merokok dan batasi alkohol: Anda tiap hari menghisap 2 pak, rokok tiap kali bersantap, tidak ketinggalan alcohol, yang diminumnya tanpa batasi Fondasi keempat - Mental Batin Tenang Seimbang: Anda mana mungkin bisa Mental Batin Tenang Seimbang? Anda dikelilingi begitu banyak gadis-gadis cantik, yang membuat jantung berdenyut lebih keras, tensi darah meningkat makin tinggi bila transaksi dagang mendatangkan keuntungan. Anda menjadi excited, bila rugi. Anda menjadi gelisah dan murung. Tiada hari yang dilewatkan dengan Mental batin yang seimbang! Nah, kentara sekall hidup Anda bertentangan dengan 4 Fondasi Kesehatan tersebut. Tidak heran, kalau Anda dihinggapi Myocardial Necrosis. Contoh hidup ini dengan Jelas dapat mengilustrasikan bahwa Tuhan Maha AdiI. Di hadapan Hukum Kesehatan setiap manusia diperlakukan ; sama. Siapa yang melanggar Hukum Kesehatan, dial pasti celaka. Siapa yang patuh terhadap Hukum Kesehatan. Dia pasti akan sehat selamat sepanjang hayatnya.
DUA: apa arti angka "Dua" ini maka Dua berarti 200 (dua ratus) sampai dengan 350 (tiga ratus lima puluh) gram Carbohidrat Nasi atau terigu yang merupakan makanan pokok kita setiap kali bersantap siang atau malam cukup 200 gram sampai dengan 350 gram; Carbohldrat, Kwantitas sebanyak 200 gram sampai dengan 350 gram tidaklah fix (tetap) untuk setiap orang misalnya: pekerja usia mudah yang kerjanya amat berat, maka sekali bersantap dapat menghabiskan 600 gram nasi. Sedang ada beberapa pekerja wanita yang bobot kerjanya ringan cukup makan 80 gram sampai dengan 150 gram. Mengendalikan dan mengatur carbohldrat adalah cara mengendalikan berat badan yang terbalk. Zaman kini terdapat banyak obat-obatan pengurang berat badan, terdapat slimming paste, slimming cream, slimming tea, slimming spray dan lain-lain. Padahal untuk mengurangi berat badan, cukup hanya dengan Pengendalian Panganan Pokok (Carbohidnat)! Anda tentu pernah mendengar Payarotti Penyanyi Itali yang terkenal itu, mempunyai berat badan 151 Kg, Dokter ingin dia menurunkan berat badan hingga 90 Kg. Bagaimana? Hanya dengan Diet mengurangi Carbohidrat. Di rumah sakit, kami pernah merawat seorang pasien yang tinggi badannya 1.49 meter, tapi berat badannya mencapai 99 Kg. Tahun pertama, kami berikan dia setiap hari setiap bersantap hanya 150 gram Carbohidrat, dalam waktu 1 tahun berat badannya berkurang 33 Kg. Jadi mengendalikan panganan pokok (carbohidrat) dapat mengendalikan berat badan. Baru-baru ini para Pakar Gizi menyodorkan 1 (satu) Teknik yang sangat ilmiah untuk menurunkan berat badan! Minumlah sup sebelum makan nasi, maka tubuh akan langsing dan sehat. Sekali sup diminum, syaraf merefleks kepada selaput otak." dalam selaput otak terdapat Pusat Syaraf Nafsu Makan. Bila Anda minum sup sebelum makan, maka pusat syaraf nafsu makan akan menurun rangsangannya, maka nafsu makan akan turun sepertiga (1/3) dan makan 1 nasipun menjadi lebih pelan. Penduduk -penduduk Beijing, Mancuria dan Bagian Utara China lainnya mempunyai kebiasaan minum sup setelah makan, akibatnya sup makin diminum. makin gemuk Kenapa? Sebab bila Anda setelah kenyang baru minum sup. Ini akan membuat lambung Anda membuka lebih besar, mendorong Anda menambah makan lebih banyak lagi, maka minum sup setelah makan membuat Anda gemuk, sedang minum sup sebelum makan, membuat Anda menjadi langsing sehat!
Angka TIGA Itu apa artinya? Artinya 3 bagian High Protein. Orang -tidak bisa hanya makan sayur-sayuran, tidak bisa juga hanya makan Daging. Protein tidak boleh terlampau banyak atau terlampau sedikit, 3 bagian kandungan - protein dalam 1 hari sudah cukup baik, bagian Protein terdiri dari 40 gram daging kurus atau 1 butir telur atau 80 gram tahu atau 80 gram udang/ ikan atau 80 gram daging ayam atau bebek: atau 20 gram kacang kedelai. Untuk menyantap 3 bagian, Protein dalam 1 hari, Anda bisa mengatur diet Anda, sebagai berikut : Sarapan pada 1 butir telur, makan siang lauknya 40 gram daging masak sayur, makan malam lauknnya 80 gram kacang-kacangan atau ikan, Anda akan memperoleh 3 bagian sampai dengan 4 bagian Protein suatu takaran yang ideal.
Jika kobanyakan Protein, apa yang terjadi? Anda mati lebih cepat! Kenapa? Protein mengandung Asam Amino yang dapat berpengaruh pada fungsi ginjal di samping Itu, terlampau banyak Protein mengganggu pencernaan dan menyebabkan racun-racun pada saluran usus meningkat. Kekurangan Protein juga tidak baik karena menyebabkan nutrisi tidak baik dan menyebabkan gangguan pada sistem syaraf. Manusia menyantap protein dengan sayuran-sayuran dan biji-bijian perbandingan antara keduanya sering mengambil susunan gigi pada manusia: kita maklum manusia mempunyai 32 buah gigi di antaranya 4 buah adalah gigi geraham/ untuk memakan daging; sedang 28 gigi lainnya adalah gigi muka uhtuk menyantap carbohidrat dan sayuran, yakni makanan pokok kita. Manusia tidak bisa menyantap daging saja. Berbeda dengan harimau yang kesemua giginya adaiah gigi taring yang khusus untuk pemakan daging. Jadi Hukum Alam sudah memang demikian adanya.
Kemudian protein macam mana yang terbaik? Protein hewani ikan adalah baik. Makin banyak menyantap ikan, urat Arterio makin lunak, dengan demiklah penyakit Stroke dan Jantung Coroner semakin jauh, Protein tumbuhan mana yang paling baik? Kacang kedelailah yang terbaik. Kedelai bukan saja Health Food, tapi juga bagi wanita sangat baik meringankan penderitaan selelah menapouse. Wanita Asia umumnya sebelum usia 50 tahun, kondisi fisiknya masih OK, tapi setelah 50 tahun. kualitas hidupnya turun drastis. Mengapa? Apa yang dimaksud dengan komplikasi Pasca Menopause? Wanita yang memasuki periode menopause, tensi darahnya naik dan turun tak teratur kadang kala walahnya memerah, kadangkala pucat, kadangkala gelisah, kadangkala berkeringat banyak sifatnya gelisah tidak tenang inilah gejala komplikasi Periode Menopause Wanita. Wanita Amerika dan Eropa banyak dari mereka ketika mencapai usia 60, 70 dan 80 tahun masih terlihat sehat-sehat saja. Terdapat hanya wanita-wanita negara-negara Itu pada usia 80 tahun masih rnengendarai mobil sendiri, bahkan, masih berenang di kolam renang. Wanita-wanita Tionghoa umumnya berbeda, sebelum usia 50 tahun masih OK, tapi setelah usia 50 tahun banyak dari mereka menjadi gemuk, tekanan darah tinggi, dan tulang-tulang mulai keropos dan cepat sekali berubah menjadi nenek tua. Mengapa? Karena kekurangan Hormon Esterogen. Di luar negeri banyak wanita mengkonsumsi DVA.
Kacang-kacangan justru mengandung hormon-hormon yang dapat meringankan komplikasi menopause wanita.
“EMPAT” apa arti "Empat" ini? Yang dimaksud adalah empat kalimat, yakni :
Ada roti, ada juga nasi.
Tidak manis, tidak juga asin.
Tiap hari bersantap tiga, empat kali,
Tiap kali santapan tidak lebih dari 70%-80% kenyang.
Bila roti (gandum) dengan nasi dapat bergiliran disantap maka: nutrisinya terbaik. Lauk dijaga jangan terlampau manis atau asin.
Saudara-saudara sekalian? Ingatlah selalu; "setiap"! : makan asal mencapai 70% -80% kenyang sudah, cukup nasihat ini penting sekali dan benar-benar dapat memperpanjang usia Anda. Dari dulu hingga kini, baik dalam maupun luar negeri, terdapat begitu banyak metode untuk: hidup panjang umur, tapi metode yang terbaik, terefektif: adalah "Low Calory Eating" atau dengan kata lain,"70% - 80%" kenyang setiap kali makan.
Para ilmuwan di USA pernah melakukan Percobaan sebagai berikut : Monyet percobaan dibagi dalam 2 kelompok, terdiri masing-masing 100 ekor monyet. Kelompok pertama dibiarkan makan sekenyang-kenyangnya, sedangkan kelompok lainnya ditakar makannya hingga 70% - 80% kenyang setiap kali makan. Hasilnya? Kelompok monyet yang dibiarkan makan sekenyangnya setelah 10 tahun, banyak yang kegemukan, kadar lemak pada levernya sangat tinggi, banyak yang menderita jantung coroner, tekanan darah tinggi dan dari 100 ekor, mati 50 ekor. Kelompok kedua yang hanya kenyang 70% - 80% setiap kali dikasih makan, rata-rata berlubuh langsing, sehat, semangatnya tinggi. Jarang kena sakit, dan dari 100 ekor monyet, hanya meninggal 12 ekor dalam 10 tahun. Dari hasil pengamatan terhadap monyet-monyet ini, terbukti bahwa, semua monyet yang panjang umur senantiasa makan dengan 70%-80% kenyang. Jadi 70%-80% kenyang benar-benar ampuh. Pada Chinese Medicine terdapat pepatah terkenal berbunyi : "Bila ingin tubuh sehat jagalah selalu 30% lapar. Tercatat ada seorang Pakar Kesehatan Amerika, penulis banyak buku-buku tentang Kesehatan yang pernah mengunjungi RRC dan memberi ceramah, pada akhir salah satu ceramahnya mengatakan. Kini kita semua telah memasuki Millenium –Baru, agar tetap sehat, saya ingin meninggalkan 2 (dua) pesan kepada kalian; Pesan Pertama: Setiap makan hanya kenyang 70% - 80% artinya ketika Anda meninggalkan meja makan, Anda masih merasa lapar, ketika Anda sebenarnya masih kepingin makan, Anda sudah meninggalkan meja makan. Pesan kedua; Naiki tangga dengan jalan kaki atau lari pelan. Maksudnya jika keluar rumah banyaklah jalan, tinggal di apartemen tidak naik lift, cukup naik tangga. Dengan demikian, terhadap pencegahan Diabetes, Jantung Coroner dan Tekanan Darah Tinggi akan sangat membantu!.
"LlMA" apa artl “lima”? Lima ratus gram sayur dan buah-buahan. Saudara-saudara semanusia yang terbesar adalah Kanker. Bagaimana mencegah kanker? Pencegahan yang terbaik adalah banyak makan sayuran dan buah-buahan. Sebab kegunaan dari sayuran dan buah-buahan adalah mengurangi kemungkinan Kanker hingga 50% ke atasi. Jadi sering-sering makan sayuran dan buah-buahan adalah paling tepat untuk pencegahan kanker.
Demikianlah penjelasan dari "Satu". sampal dengan "Lima". Sekarang. apa yang dimaksud denqan "Merah". "Kunlng, Hijau, Putih dan Hitam"?.
"Merah" artinya adalah 1 butir Tomat tiap hari. Terutama bagi rekan-rekan pria, A butir tomat, : setiap hari dapat nnengurangi kemungkinan kena Kanker Prostat sampai 45%. Tomat yang matang akan lebih baik lagi. Di samping ini, bila seorang yang sehat "bukan penderita Strok atau Jantung Coroner membiasakan diri meminum sedikit saja ... (tidak lebih dari 50 cc sampai dengan 100 cc) anggur merah (red wine) arak Hsao Hsing atau arak Brem/Sake setiap hari ini akan dapat mencegah penyakit Arterioclerosis. Sekali lagi minum alkohol tidak boleh terlampau banyak sedikit alkohol adalah sahabat kesehatan alkohot yang berlebihan menimbulkan malapetaka. Bila seseorang mengalami depresi, maka menyantap sedikit cabe merah dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Jadi cabe merah dapat mengurangi kegelisahan dan memperbaiki suasana hati yang murung.
"Kuning" apa artinya? Di atas sudah dibahas bahwa Chinese Menu sering kekurangan Calsium dan Vitamin A. Bagaimana gejalanya? Anak, kecil mudah kena flu dan demam infeksi amandel : usia pertengahan kena kanker. Arterioclerosisi usia lanjut mata katarak, penglihatan kabur Vitamin A bisa diperoleh di mana? Vitamin A paling banyak terdapat pada wortel, semangka, ubi merah, jagung, pepaya, cabe merah. Kesemuanya dapat digolongkan sayur-sayuran berarti? Merah, kuning. Sayuran berwarna merah kuning mengandung paling banyak Vitamin A.
"Hijau" apa; artinya? Dari berbagai cara minuman, tehlah yang terbaik/ dan di antara berbagai macam ramuan Teh, maka Teh Hijaulah yang terbaik, teh hijau mengandung zat yang lapar melawan Freo Oxygen Radicairia dapat memperlambat penuaan (Aging). Makin banyak minum Teh hijau makin awet muda pernah satu kali pergi ke Gunung. Wu Yi di Fu Kien yang terkenal dengan 1 Perkebunan Tehnya. Ternyata banyak penduduk di situ yang panjang usia berkat teh hijau hasil perkebunan tehnya yang diminum setiap hari. Minum 1 teh hijau tiap hari. Minum teh hijau bukan muda saja awet muda panjang umur tapi juga mengurangi tumor dari Arterioclerosis.
"Putih” apa artinya? Yang dimaksud adalah Havermut (Oatmeal). Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher menderita kolesterol sangat tinggi. Ia tidak makan obat, melainkan cukup makan roti dengan havermut. Juga Mr. Chen Li Fu - Jenderal Kuo Min Tang, yang berusia 101 tahun. Tiap pagi menyantap bubur havermut Saya sendiri juga tiap pagi menyantap 140 gram bubur havermut. Harga havermut murah sekali, Bubur havermut bukan saja menurunkan kolesterol dan triglycerid, juga sangat berguna bagi Diabetes dan body slimming. Leblh-lebih lagi havermut dapat memperlancar buang air besar bagi orang yang lanjut usia yang kotorannya keras, ngeden kelewat kuat bisa menyebabkan stroke, maka havermutlah jalan keluar terbaik!
“Hitam" apa artlriya? Yang dimaksud ''Hitam" di sini adalah Jamur Kuping Hitam. Jamur kuping mempunyai khasiat Istimewa, la dapat menurunkan kekentalan darah, darah bila dibuat enter akan tidak mudah kena "penyumbatan pembuluh darah otak cerebral thrombosis, juga tidak mudah kena Jantung Coroner. Dewasa ini, banyak orang lanjut usia yang penderita IDIOT (hilang memori ingatannya), penyebabnya tidak lain banyak pembuluh darah halus di otak tersumbat pelan-pelan, sampai terakhir sang otak rusak total, memori ingatannya hilang total dan semua ini disebabkan oleh kekentalan darah yang terlampau tinggi. Akan halnya stroke yang menyebabkan setengah badan lumpuh, maka penyebabnya adalah sebuah pembuluh darah besar tiba-tiba, tersumbat separuh badan lumpuh bila sampai pembuluh darah besar itu pecah, maka terjadilah perdarahan otak. Kekentalan darah dapat diatasi dengan Jamur kuping. Setiap hari cukup makan 5 gram sampai dengan 10 gram Jamur kuping. Jadi 1 kilogram Jamur kuping dapat dikonsumsi sampai 100 hari - 200 hari. setiap hari cukup sedikit saja jamur kuping yang dibikin sup atau sayuran.
Pada suatu hari saya mendapat seorang pasien dari Taiwan, seorang pengusaha yang kaya raya. Pasien ini menderita jantung coroner, semua pembuluh darahnya tersumbat, ia datang ke Amerika untuk tujuan operasi by pass. Oleh Dokter rumah sakit, ia ditolak karena jadwal, operasi sudah penuh, ia diminta kembali ''1/2 bulan kemudian untuk giliran operasinya. Satu setengah bulan kemudian ketika ia kemball lagi ke rumah sakit, tersebut, ketika dilakukan Pemeriksaan Engiogram terhadapnya, ternyata 3 pembuluh darah yang tersumbat itu telah plong kembali. Ternyata orang ini normal-normal saja, tidak ada koroner tak perlu by pass. Bagaimana orang ini mengobati dirinya? Pasien ini mengatakan bahwa ia mengikuti resep di bawah ini : 10 gram Jamur kuping, 40 gram, daging kurus (lean meat), 3 lembar Jahe, 5 butir bawang, 6 mangkuk air, kemudian, direbus sampai tinggal 2 mangkuk air, beri sedikit, garam, kemudian tiap hari diminum 1 kail, dalam waktu hanya 45 hari, maka pembuluh darah yang tersumbat menjadi plong lancar kembali. Dapat disimpulkan bahwa Jamur kuping hitam melalui research Ilmiah di laboratorium terbukti dapat menurunkan kekentalan darah.
“Jadi Makan yang pantas” tidak lain adalah 2 baris kalimat Satu, Dua, tiga, Empat, Lima.
Merah, Kuning, Hijau, Putih dan Hitam

Tidak ada komentar: